Kotler dan Kevin (2012), Pemasaran (marketing) adalah mengidentifikasikan
dan memenuhi kebutuhan manusia dan sosial. Menurut Stanto (1991), pemasaran
adalah suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk
merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan
barang-barang yang dapat memuaskan keinginan dan jasa baik kepada para konsumen
saat ini maupun konsumen potensial. Kotler dan Amstrong (2004), pemasaran
berarti menata-olah (managing) pasar
untuk menghasilkan pertukaran dengan tujuan memuaskan kebutuhan dan keinginan
manusia Kotler dan Amstrong (2004), Konsep pemasaran menyatakan bahwa
pencapaian sasaran organisasi tergantung pada penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran dan penyampaian kepuasan yang didambakan itu lebih efektif dan efesien dibandingkan dari pesaing. Kotler dan Amstrong (2005), pengertian pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial dengan individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan cara menciptakan serta mempertukarkan produk dan nilai dengan pihak lain. Asosiasi Pemasaran Amerika menawarkan definisi pemasaran berikut: pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan pemikiraan, penetapan harga, promosi dan penyaluran gagasan, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memenuhi sasaran individu dan organisasi. Dari pendapat beberapa ahli dapat disimpulkan pemasaran adalah proses produsen menambah nilai terhadap produk/jasa yang dihasilkan untuk memenuhi keinginan dari konsumen.
pencapaian sasaran organisasi tergantung pada penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran dan penyampaian kepuasan yang didambakan itu lebih efektif dan efesien dibandingkan dari pesaing. Kotler dan Amstrong (2005), pengertian pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial dengan individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan cara menciptakan serta mempertukarkan produk dan nilai dengan pihak lain. Asosiasi Pemasaran Amerika menawarkan definisi pemasaran berikut: pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan pemikiraan, penetapan harga, promosi dan penyaluran gagasan, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memenuhi sasaran individu dan organisasi. Dari pendapat beberapa ahli dapat disimpulkan pemasaran adalah proses produsen menambah nilai terhadap produk/jasa yang dihasilkan untuk memenuhi keinginan dari konsumen.
Leave a Reply