PEMBELAJARAN KONSUMEN



BAB II
KAJIAN TEORI

2.1 Pengertian pembelajaran konsumen
Definisi belajar / pembelajaran menurut para ahli :
·         Menurut Solomon (1999, hal 71), belajar adalah perubahan perilaku yang relative permanen yang diakibatkan oleh pengalaman.

·         Menurut Schiffman dan Kanuk (2000, hal 160) , proses belajar konsumen dapat diartikan sebagai sebuah proses dimana seseorang memperoleh pengetahuan dan pengalaman pembelian dan konsumsi yang akan ia terapkan pada perilaku yang terkait pada masa datang (bila dilihat dari perspektif pemasaran)

·         Menurut Engel, Blackwell dan Miniard (1995, hal 514), mendefinisikan belajar adalah suatu proses dimana pengalaman akan membawa kepada perubahan pengetahuan, sikap dan atau perilaku.

·         Menurut Loudon dan Della Bitta (1993) mengartikan bahwa belajar dapat dipandang sebagai perubahan yang relative permanen dari perilaku yang muncul akibat pengalaman.
Dari beberapa definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa belajar merupakan suatu proses untuk memperoleh pengetahuan dan pengalaman. Pengetahuan dan pengalaman ini akan mengakibatkan perubahan sikap dan perilaku yang relative permanen.


2.2. Syarat proses belajar
Menurut (Schiffman dan Kanuk, 2000; Loudon dan Della Bitta 1993), Proses belajar bisa terjadi karena adanya empat unsur yang mendorong proses belajar tersebut. Keempat unsur tersebut adalah motivasi (motivation), isyarat (cues), respons (response), dan pendorong atau penguatan (reinforcement)

2.3. Proses Belajar Perilaku
Beberapa pakar mengklasifikasikan proses belajar kedalam dua kategori : (1) proses belajar kognitif (cognitive approach) , (2) proses belajar perilaku (behaviorist approach).
Proses belajar kognitif adalah proses belajar yang dicirikan oleh adanya perubahan pengetahuan , yang menekankan kepada proses mental konsumen untuk mempelajari informasi. Menurut Engel, Blackwell dan Miniard (1994), Proses belajar kognitif membahas bagaimana informasi ditransfer dan disimpan dimemori jangka panjang.
Proses belajar perilaku adalah proses belajaryang terjadi ketika konsumen bereaksi terhadap lingkungannya atau stimulus luar. Menurut Mowen dan Minor (1998) mengartikan proses belajar perilaku (behavioral learning) sebagai sebuah proses dimana pengalaman dengan lingkungan akan menyebabkan perubahan perilaku yang relative permanen. Menurut Solomon (1999) juga mengemukakan bahwa proses belajar berperilaku adalah proses belajar yang terjadi karena respons konsumen terhadap suatu stumulus atau lingkungan konsumen.
Schiffman dan Kanuk (2000) mendefinisikan bahwa reaksi seorang konsumen terhadap suatu stimulus bisa diperkirakan , bisa disebut telah belajar. Proses belajar berperilaku terbagi menjadi (1) proses belajar classical conditioning (2) proses belajar instrumental conditioning (3) proses belajar vicarious learning  (observational atau social learning)

This entry was posted by metajava.com. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Pages - Menu

Popular Posts

Popular Posts