KUALITAS
Kualitas
Pelayanan
Kotler dan Kevin (2012), Kualitas (quality) adalah totalitas fitur dan
karakteristik produk atau jasa yang bergantung pada kemampuannya untuk
memuaskan kebutuhan yang dinyatakan atau tersirat. Kita dapat mengatakan bahwa
penjual menghantarkan kualitas ketika produk atau jasanya memenuhi dan melebihi
ekspektasi. Tjiptono (2000), Kualitas layanan (sevice quality) berkontribusi signifikan bagi penciptaan diferensiasi, positioning, dan strategi
bersaing setiap organisasi pemasaran, baik perusahaan manufaktur maupun
penyedia jasa. Menurut Kotler (2000), di kutip oleh Tjiptono (2005), Kualitas
jasa harus dimulai dari kebutuhan pelanggan dan berakhir dengan kepuasan
pelanggan serta persepsi positif terhadap kualitas jasa. Sebagai pihak yang
membeli dan mengkonsumsi jasa, pelanggan (dan bukan penyedia jasa) yang menilai
tingkat kualitas sebuah perusahaan. Tjiptono (2000), Dalam konteks kualitas
produk (barang dan jasa) dan kepuasan pelanggan telah dicapai konsensus bahwa
harapan pelanggan (consumer expectation)
memainkan peran penting sebagai standar perbandingan dalam mengevaluasi
kualitas maupun kepuasan. menurut penulis kualitas pelayanan adalah karakteristik barang/jasa yang dihasilkan dari pelayanan sehingga memuaskan konsumen.
Menurut Tjiptono (2003), Kualitas mengandung definisi dan makna berbeda
akan mengartikan secara berlainan. Beberapa contoh definisi yang
kerapkali dijumpai antara lain:
a. Kesesuaian dengan persyaratan /tuntutan
b. Kecocokan untuk pemakaian
c. Perbaikan /penyempurnaan kelanjutan
d. Pemenuhan kebutuhan pelanggan semenjak awal dan setiap saat
e. Melakukan segala sesuatu secara benar semenjak awal
f. Sesuatu yang bisa membahagiakan pelanggan
Daftar Pustaka
Loverlock, C., Wirtz, J., & Mussry, J. 2010. Service Marketing, Jakarta: Erlangga
Daftar Pustaka
Loverlock, C., Wirtz, J., & Mussry, J. 2010. Service Marketing, Jakarta: Erlangga
Tjiptono,
F. 2000. Manajemen Jasa, Yogyakarta: Andi.
____________.2000. Persepsi manajemen
& pemasaran Kontemporer, Yogyakarta: Andi
____________.2005.
Pemasaran Jasa, Malang: Bayumedia
Publishing.
Tjiptono, F dan Chandra,
G. 2009. Service Quality, Satisfaction,
Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, F dan Chandra, G. 2009. Service Quality, Satisfaction,
Yogyakarta: Andi.
Kotler, P and Amstrong, G. 2004. Principles
Marketing, Jakarta: Gramedia.
_____________.2005. Marketing manajement Elevent edition, Jakarta: PT Indeks, Gramedia.
Kotler, P and Lane, K.
2012. Marketing Management, Thirteenth,
Jakarta: Erlangga.
Stanto, J.W. 1991. Fundamentals Of Marketing, Seventh Edition, Jakarta: Erlangga.
Leave a Reply