PEMASARAN JASA



BAB II
KAJIAN TEORI
2.1.  Pengertian Pemasaran
Pemasaran (Kotler,1995:7) adalah suatu proses sosial dan manajerial dengan mana individu atau kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan diinginkan dengan cara menciptakan serta mempertukarkan produk dan nilai  dengan pihak lain.
2.2.   Pengertian Pemasaran Jasa
Pemasaran jasa dikutip oleh Hardiayati menurut Rangkuti (2002:26) menyebutkan bahwa jasa merupakan pemberian suatu kinerja atau tidak kasat mata dari suatu pihak ke pihak lain. Sedangkan menurut kotler (2002:486) mendefinisikan jasa sebagai tindakan atau kegiatan yang ditawarkan oleh satu pihak ke pihak lain, pada dasarkan bersifat intangiable (tidak berwujud fisik) dan  tidak mengakibatkan kepemilikan apapun. Jadi dapat disimpulkan bahwa jasa bukanlah barang tetapi suatu aktifitas yang dapat dirasakan secara fisik dan membutuhkan interaksi antara satu pihak ke pihak lain.
2.2   Pengertian Jasa
Menurut Kotler, 1992:382 jasa adalah setiap kegiatan atau manfaat yang dapat diberikan oleh suatu pihak kepada pihak lainnya yang pada dasarnya tidak berwujud dan tidak pula berakibat pemilikan sesuatu. Produksinya dapat atau tidak dapat dipertalikan dengan sesuatu produk fisik.
Jasa sering dipandang sebagai suatu fenomena yang rumit. Kata “Jasa” berarti pelayanan pribadi, pelayanan suatu produk. Beberapa pengertian jasa yang lain adalah sebagai berikut
1.      A service is an activity or a series of activities which take place in interaction with a contact person or physical machine and which provides consumer satisfaction (Lehtinen, 1983).
2.      A service is any activity of benefit that one party can offer to another that is essentially intangible and does not result in the ownership of anything. Its production may or may not be tied to a physical product (Kotler, 1988).
2.3    Karakteristik Jasa
Kotler (200:488) mengemukakan bahwa terdapat empat karakteristik jasa, antara lain:
1.      Intagibility (tidak berwujud). Jasa tidak berwujud, tidak dapat dilihat, dirasakan, sebelum membeli.
2.      Inseparability (tidak dipisahkan)
            Jasa tidak dipisahkan dari pembeli jasa itu, baik pembeli jasa itu adalah orang maupun mesin. Jasa tidak dapat dijejerkan pada rak-rak penjualan dan dibeli    oleh konsumen kapan saja
3.      Variability (keanekarupaan)
Jasa sangat beraneka rupa karena tergantung siapa yang menyediakannya dan kapan serta dimana disediakan.
4.      Perishability (tidak tahan lama)
Jasa tidak dapat tahan lama, karenanya tidak dapat disimpan untuk penjualan atau dikemudian hari.
5.      Unstorability (tidak dapat disimpan). Jasa tidak mengenal persediaan atau penyimpanan dari produk yang telah dihasilkan.
6.      Customization (kustomisasi). Jasa sering kali didesain khusus untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.
Pemasaran jasa tidak sama dengan pemasaran produk. Pertama pemasaran jasa bersifat intangble dan immaterial karenanya tidak dapat diraba. Kedua, produk jasa saat dilakukan saat konsumen berhadapan dengan petugas sehingga pengawasan kualitasnya dilakukan dengan segera. Hal ini lebih sulit daripada pengawasan produk fisik. Ketiga, interaksi antara konsumen dan petugas adalah penting untuk mewujudkan produk. (Rangkuti, 2002:19)
2.4 Bauran Pemasaran Bisnis Jasa
Bauran pemasaran ( marketing mix) Kotler (2003:24) dalam bukunya mengatakan, bauran pemasaran adalah serangkaian alat pemasaran yang taktis yang dapat dikendalikan produk, harga, lokasi, dan promosi yang dipadukan oleh perusahaan untuk menghasilkan tanggapan yang diinginkan perusahaan dalam pasar sasaran.
Product (Produk)
Produk Kotler (2003:75) adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian, dibeli, digunakan, atau dikonsumsi yang dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan.
Konsumen tidak hanya membeli fisik dari produk tetapi juga manfaat dan nilai dari produk yang disebut “the offer”. Fokus terhadap konsep The Brand to Commodity Continuum. Arahkan agar produk muncul dengan merek yang berbeda sehingga memberi kesan spesial.
 Price (Harga)
Agar dapat sukses dalam memasarkan suatu barang dan jasa, setiap perusahaan harus menetapkan harga secara tepat. “Harga merupakan satu-satunya unsur bauran pemasaran yang memberikan pemasukan atau pendapatan bagi perusahaan, sedangkan ketiga unsur lainnya (produk, lokasi, dan promosi) menyebabkan biaya atau pengeluaran” (Tjiptono, 2008:151). Menurut Kotler dan Amstrong (2008:63) harga adalah jumlah uang yang harus dibayarkan pelanggan untuk memperoleh produk.”
Keputusan dalam penentuan harga harus konsisten dengan strategi pemasaran. Strategi penentuan harga harus memperhatikan tujuan penentuan harga, yaitu bertahan, memaksimalkan laba, memaksimalkan penjualan, gengsi atau prestise, pengembalian atas investasi.
 Place (Saluran distribusi)
Kotler dan Amstrong (1992:6) Saluran distribusi adalah seperangkat atau sekelompok organisasi yang saling tergantung yang terlibat dalam proses yang memungkinkan suatu produk atau jasa tersedia bagi pengguna atau konsumsi atau pengguna industrial.
Tempat dalam bisnis jasa dimaksudkan sebagai cara penyampaian jasa (delivery system) kepada konsumen dan di mana lokasi yang strategis. Ada tiga pihak yang dilibatkan dalam penyampaian jasa, yaitu: penyedia jasa, perantara, dan konsumen.
Promotion (Promosi)
Swastha dan Irawan (2008:349) mengatakan promosi sebagai arus informasi atau persuasi satu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan permintaan.
Keberhasilan promosi jasa bergantung pada: kemampuan mengidentifikasi target, kemampuan menentukan tujuan promosi, kemampuan mengembangkan pesan yang disampaikan, dan kemampuan memilih bauran komunikasi.
 People ‘Orang’ berfungsi sebagai penyedia jasa sangat mempengaruhi kualitas jasa pelayanan yang diberikan. Untuk mendapatkan kualitas, maka diperlukan pelatihan staf sehingga karyawan mampu memberikan kepuasan kepada konsumen. Tujuannya adalah untuk mendorong dalam suatu kinerja yang dapat memuaskan konsumen.
 Process
       Proses dalam pemasaran jasa terkait dengan kualitas jasa yang diberikan, terutama dalam hal sistem penyampaian jasa.
2.5  Strategi Pemasaran jasa
Pasuraman, Zeithamal, dan Berry di kutip oleh Kotler (2007:55) menemukan lima penentu mutu jasa. Kelimanya disajikan menurut tingkat kepentingan
1.    Keandalan, kemampuan melaksanakan layanan yang dijanjikan secara meyakinkan dan akurat.
2.    Daya tanggap, kesediaan membantu pelanggan dan memberikan jasa dengan cepat.
3.    Jaminan, pengetahuan dan kesopanan karyawan dan kemampuan mereka menyampaikan kepercayaan dan keyakinan.
4.    Empati, kesediaan memberikan perhatian yang mendalam dan khusus kepada masing-masing pelanggan.
5.    Benda berwujud, penampilan fasilitas fisik, perlengkapan karyawan, dan bahan komunikasi.
2.6 Pelayanan Publik
            Pelayanan Publik atau pelayanan umum (Wikipedia)  dapat didefinisikan segala bentuk jasa, baik dalam bentuk barang publik maupun jasa publik yang pada prinsipnya menjadi tanggung jawab dan dilaksanakan oleh instansi pemerintah di Pusat, daerah, dan lingkungan BUMN, dalam rangka upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat maupun dalam rangka pelaksanaan ketentuan perundang-undangan.
Karakteristik
Ada lima karakteristik yang dapat membedakan ketiga jenis penyelenggara pelayanan publik tersebut, yaitu:
1. Adaptibilitas layanan ini berarti derajat perubahan layanan sesuai dengan tuntutan perubahan yang diminta oleh pengguna.
2. Posisi tawar pengguna/klien. Semakin posisi tawar pengguna/klien , maka semakin
tinggi pula peluang pengguna meminta pelayanan yang lebih baik.
3. Lokus kontrol. Karakteristik ini menjelaskan siapa yang memegang kontrol atas transaksi.
4. Sifat pelayanan. Hal ini menunjukkan kepentingan pengguna atau penyelanggara yang lebih dominan.

This entry was posted by metajava.com. Bookmark the permalink.

One thought on “PEMASARAN JASA

  1. Best casino in Malaysia - JTHub
    Get the best free slots for fun, read our top slots 통영 출장안마 reviews, and play for 강원도 출장안마 real money here at JTG Hub! · Betway Casino in Rohnert Park · 사천 출장샵 Betway Casino in Pune · 아산 출장마사지 Pune Online 과천 출장마사지

    BalasHapus

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Pages - Menu

Popular Posts

Popular Posts